SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA AYU Semoga blog ini bermanfaat SALAM DAMAI SEMUA :*
RSS

KEAMANAN KOMPUTER



TUGAS KEAMANAN KOMPUTER

NAMA                        : RAHAYU SAFITRI
KELAS                       :2 B (SISTEM INFORMASI)
NPM                           : 12.1.03.03.0093



Pengertian Malware 
Malware (singkatan dari istilah Bahasa Inggris malicious software, yang berarti perangkat lunak yang mencurigakan) adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi melalui script yang disisipkan secara tersembunyi oleh pembuatnya.


Virus komputer
 merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Karakteristik dari Virus :
  •  Virus tersebutakan mencoba untukmenginstal dirinya sendiri pada hostnya tanpa sepengetahuan dari pemilik komputeratau user.
  • Virus berpotensi untuk membahayakan software atau files yang terhinggapi bahkan akan mencoba untuk menghapus atau mengubah files tersebut. 
  • Virus Biasanya bersembunyi di dalam sebuah host atau file itu sendiri jadi akan sangat sulit untuk mengetahuinya apakah sebuah file terkontaminasi oleh virus.
  • Cara mengatasi virus adalah dengan mengscan komputer anda dan meningkatkan kualitas antivirus anda dan hindari data ,program yang terlihat memiliki virus .

Trojan /Trojan Horse
Trojan /Trojan Horse adalah program yang terlihat baik dan berguna bagi user atau pemakainya (seperti crack game,atau gadgets dll),trojan memiliki kemampuan untuk tidak terlihat dan seakan akan komputer yang telah terinfeksi oleh trojan tidak mengalami kerusakan sistem apapun sehingga trojan dapat memata – matai , mengirimkan ketukan keyboard ke user lain dengan tujuan jahat trojan tidak bisa mengandakan dirinya sendiri tetapi trojan berada didalam utility program yang biasanya kita perlukan .
Karakteristik dan tujuan dari Trojan :
  • Tidak seperti virus trojan /trojan horse tidak dapat mengandakan diri atau menyebar sendiri trojan horsetinggal dan menetap pada program yang dihinggapi trojan dan dapatmemiliki sifat merusak.
  • Trojan yang terinstal ke dalam komputerdapat memata-matai ,mencuri data,dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatannya tanpa sepengetahuan oleh pemilik komputer.
  • Sifat trojan adalah mengkontrolkomputersecaraotomatis contoh : komputeryang telah dimasuki Trojan email.
  • Fungsi lain dari trojan adalah membuka komputer satu agar dapat dimasuki komputer lain dan diacces dari jauh serta dapat memerintahkan komputer yang terinfeksi sebagai pasukan untuk menyerang.
  • Cara mengatasi trojan adalah dengan selau mengupdateantivirus anda dan bila sebuah file atau program terinfeksi oleh trojan anda tinggal menghapusfile / program yang telah teinfeksi dan masalah akan selesai.
Cacing komputer 
atau juga di sebut worm (bahasa Inggris: computer worm atau worm) dalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Hanya ada satu cara untuk mengatasi worm yaitu dengan menutup celah keamanan yang terbuka tersebut, dengan cara meng-update patch atau Service Pack dari operating sistem yang digunakan dengan patch atau Service Pack yang paling terbaru.
Virus komputer memang dapat menginfeksi berkas-berkas dalam sebuah sistem komputer, tapi worm dapat melakukannya dengan lebih baik. Selain dapat menyebar dalam sebuah sistem, worm juga dapat menyebar ke banyak sistem melalui jaringan yang terhubung dengan sistem yang terinfeksi. Beberapa worm, juga dapat mencakup kode-kode virus yang dapat merusak berkas, mencuri dokumen, e-mail, atau melakukan hal lainnya yang merusak, atau hanya menjadikan sistem terinfeksi tidak berguna.

Karakteristik Dari worm :
  • Menyebar dan mengandakan dirinya sendiri secara independent /mandiri dari program lainnya(pihak ketiga) secara cepat bahkan lebih cepat dari virus atau trojan horse.
  • Worm menyebar ketika user mengirim sebuah email ,menjalankan sebuah program,atau membawa hardisk yag telah terjangkit worm .
  • Worm menyebar dengan sendirinya dengan cara memanfaatkan kelemahan dari penjagaan internet yang kurang.
  • Cara mengatasi worm jangan sampai lupa mengupdate antivirus anda serta mengscan komputer anda setiap saat .
Beberapa contoh dari worm adalah sebagai berikut:


Perangkat pengintai atau spyware
 
adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan (perangkat lunak hasad) yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut. Spyware merupakan turunan dari perangkat lunak beriklan, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan Internet untuk mendatangkan "segudang iklan" kepada pengguna. Tetapi, karena perangkat lunak beriklan kurang begitu berbahaya (tidak melakukan pencurian data), spyware melakukannya dan mengirimkan hasil yang ia kumpulkan kepada pembuatnya (perangkat lunak beriklan umumnya hanya mengirimkan data kepada perusahaan marketing).
Karakteristik dan tujuan dari trojan :
  • Spyware memiliki sifat seperti trojan .
  • Iklan yang biasanya kia temui ketika browsing di internet seperti ketika kita melihat sebuah film online dan saat kita salah mengklik ads dan muncul jendela pop-up baru berisi iklan ads tersebut termasuk sebagai adwareyang masih tergolong dalam malware spyware.
  • Pengguna yang sudah pakar dalam mengatasi virus ,dan selalu mengupdate antivirus terbarunya belum tentu telah aman malahan akan terlihat secaramengejutkan bahwa mereka tidak sadar  bahwa komputer mereka telah terpasang spyware.
  • Cara mengatasi spyware adalah dengan menigkatkan penjagaan antivirus anda dan selalu mengupdatenya dan menigkatkan pengamanan firewall anda .
 Tabel. karakteristik







Cara mengatasi serangan malware di komputer
  1. Pastikan Anda mem-backup datadi komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat komputer menjadi tidak berfungsi alias rusak.
  2. Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email dan instant message.
  3. Sebelum membuka file, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus Anda secara rutin.
  4. Perbarui sistem keamanan dan web browser Anda dengan patch terbaru.
  5. Hapus semua pesan yang tidak dikenal, jangan membukanya.
  6. Jika tiba-tiba salah satu teman yang ada dalam daftar instant messanger mengirimkan pesan aneh, file, ataupun link yang mencurigakan, jangan dibalas ataupun membuka link tersebut. Segera tutup saja window chat tersebut.



0 komentar:

Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver